Tahapan Membangun Iman Yang Kokoh

Ini adalah ringkasan renungan yang dibawakan Kak Lina pada Lomba Renungan PORSENI Hari Pemuda GKE 2012.
Semoga bisa memberkati kita sekalian….

TAHAPAN DALAM MEMBANGUN IMAN YANG KOKOH
Bacaan: Matius 14:25-33

1. Pengenalan kita kepada Tuhan (ay. 26-27)

Hal pertama yang harus kita miliki adalah pengenalan akan Kristus sebagai satu-satunya dasar yang benar-benar kokoh bagi iman kita. Jangan sampai kita tidak mengenali Juru Selamat kita ditengah permasalahan hidup kita, dan terhanyut dalam ketakutan kita. Tetapi pengenalan saja tidak cukup.

2. Keyakinan kita kepada Tuhan (ay. 28-29)

Kita dapat melihat bahwa meskipun telah mengenali Yesus, Petrus masih ragu dan meminta tanda. Yesus dengan segala kemurahan hati mengabulkan permintaan Petrus, dan Petrus pun berjalan diatas air dengan keyakinannya.
Keyakinan kita kepada Kristus dapat membuat kita berani melangkah menghadapi permasalahan kita. Tetapi keyakinan saja tidak cukup. Sebagaimana Petrus, kita harus berani melangkah lebih jauh lagi.

 

3. Penyerahan kita kepada Tuhan (30-31)

Pengenalan dan keyakinan Petrus goyah saat dirasakannya angin kencang yang masih berhembus disekelilingnya. Demikian pula kita sering bimbang menghadapi badai persoalan, seberapapun dekat kita mengenal Kristus dan seberapapun besar keyakinan kita pada-Nya.

Tetapi sebagaimana Petrus berseru dan menerima pertolongan dari tangan Kristus, kita pun harus menyadari bahwa kita harus menyerahkan diri sepenuhnya kepada kasih Tuhan dan bukan mengandalkan kekuatan kita sendiri.

Biarlah pada hari ini kita juga menyadari bahwa iman yang Tuhan inginkan adalah kerelaan menyerahkan seluruh hidup dan hati kita kepada Tuhan. Jangan kuatir ataupun gentar di dalam mengalami masalah dan pergumulan hidup. Ingatlah untuk menyerahkan segala kuatirmu kepada Tuhan, sebab Dia sanggup membantumu lepas dari masalah dan kekuatiran yang ada. (Mazmur55:23 Serahkanlah kuatirmu kepada TUHAN, maka Ia akan memelihara engkau! Tidak untuk selama-lamanya dibiarkan-Nya orang benar itu goyah). Jika engkau masih menggunakan kekuatanmu saja untuk menyelesaikan masalah yang ada, maka imanmu akan goyah, sebab engkau tidak mampu menyelesaikan masalah tersebut.Jangan menggunakan kemampuanmu sendiri, namun carilah Tuhan sebagai penopang hidupmu.

So, teman-teman, sampai tahap mana perkembangan imanmu?🙂

(Baca juga: Iman Yang Dewasa – http://airhidup.info/wp/iman-yang-dewasa/ )

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s